Selasa, 06 November 2018

Tips Memilih Buku Anak Ala Bunda Umar


          Tips Memilihkan Buku Anak ini sebenarnya berdasarkan apa yang saya amati dan saya lakukan ya, bunda. Jadi mungkin akan berbeda di setiap orang. Atpi minimal adalah bisa menjadi pengetahuan dalam memilihkan buku anak. Jangan sampai karena bingung dan kuatir buku akan di sobek habis oleh anak malah jadi ga ada keinginan untuk berinvestasi untuk otak anak.
          Karena sebenarnya hal yang sangat amat wajar bila seorang anak yang pertama kali diberi buku  akan lebih tertarik menyobeknya bila diberikan saat Balita. Atau pun akan cuek saja bila sudah terlalu gede dan lebih asyik dengan gadgetnya. Kapan – kapan kita akan bahas ini ya, bun. Nah untuk sekarang yuk kita kulik lagi gimana sih Tips Memilihkan Buku Anak ala Bunda Umar.


          Pilih Buku Sesuai dengan Usia anak.
          Tentu akan sangat berbeda antara kebutuhan bacaan buku anak usia satu tahun dan usia lima tahun. Bukan sekedar konten juga , tapi juga material buku dan sebagainya. Terkadang kesalahan ini yang membuat orang tua kadang malas lagi untuk memulai memberikan buku. Contoh gampangnya adalah Umar. Waktu usia sekitar 8 bulan ada salah seorang tante sholehah yang kirim Umar banyak banget buku. Sayangnya kertasnya gampang sobek dan kurang menarik. Hasilnya ada satu buku yang habis di sobek oleh Umar. Untungnya saya masih bisa menyelamatkan beberapa bukunya.
          Tentu akan berbeda antara membeli buku anak untuk usia satu tahun dan usia lima tahun. Hal ini harus dibedakan agar buku bisa lebih bermanfaat. Itulah kenapa di Mandira Dian Semesta ini ada namanya Book Advisor kayak bunda Umar ini. Tugas dari Book Advisor ini untuk membantu ayah dan ibu memilihkan buku untuk anak – anak.


          Pilih Sesuai Ketertarikan Anak.
          Tentu setiap anak memiliki ketertarikan yang berbeda – beda. Tips ini bisa dilakukan untuk anak yang sudah mulai bisa memilih. Sekitar usia tiga tahunan. Kalau masih bayi akan berbeda lagi. Kalau anak ternyata lebih suka robot, maka ada baiknya untuk membelikan buku tentang robot. Atau sangat suka dengan laut dan ikan, mungkin bisa memberikan buku tentang laut dan ikan dan sebagainya. Buat anak tertarik dulu dengan tema tersebut.


          Pilih Sesuai Prioritas Keluarga.
          Pemilihan buku ini bisa dilakukan saat anak mulai usia bayi. Ayah dan ibu bisa membacakan buku sesuai dengan prioritas keluarga. Misalnya, bila keluarga tersebut menginginkan anak menjadi peneliti, tidak apa-apa juga membacakan anak buku tentang sains anak seperti Confidence in Science Atau bila ayah dan ibu menginginkan pengenalan islam sejak dini. Bisa juga membacakan kisah para nabi seperti Nabiku idolaku Balita. Atau yang memnag hanya ingin anak mengerti tentang adab dan juga kemandirian, boisa memilih Halo Balita. Ada bnyak sekali pilihan tema  buku anak. Sehingga bukan alasan lagi untuk menunda memberikan buku kepada anak.


          Material Buku Anak.
          Nah ini dia yang kadang bikin orang tua kapok adalah mengenai material buku anak. Tahukah bunda, saat ini ada banyak teknologi literasi anak. salah satunya adalah board book. Salah satu material buku anak yang saat ini mulai merambah. Board book ini akan membuat anak susah untuk menyobek buku karena per halamannya kaku dan kuat. Bukan hanya anti sobek, tapi board book juga anti air. Pas banget kan untuk kebutuhan Balita.

          Aman untuk Anak.
          Bagi anak usia dibawah satu tahun pemakain buku dengan kertas biasa, bisa menjadi bahaya juga. Kenapa? Karena tidak jarang halaman buku tidak hanya di sobek tapi tidak jarang juga dimakan. Inilah yang harus diperhatikan oleh para orang tua. Atau ujung dari halaman buku ada kalanya runcing bila board book. Maka pastikan juga ujung halamannya tumpul.
          Bahasa yang mudah dipahami anak.
          Ini kayaknya menjadi alasan yang pasti tentang tips memilihkan buku anak. Kenapa buku anak kadang terlihat mahal? Karena pemilihan tiap kata benar – benar dipikirkan agar bisa sampai pesannya kepada anak dan juga menambah kosakata anak bila anak tersebut masih dalam Golden Age. Tidak masalah dengan teks yang lebih sedikit dibandingkan dengan gambar. Karena Balita yang baru dikenalkam buku maka ia akan lebih tertarik duluan dengan gambar yang eye cathing. Bahasa atau kalimat yang mudah dipahami anak juga bisa menambah kosakata bagi batita. Banyak kan Bun, manfaat dari membaca.
          Itu tadi beberapa tips memilihkan buku anak ala bunda umar. semua tips tadi bisa menjadi bermanfaat bila memang ada niat dari ayah dan bunda untuk mengenalkan buku dan mau meluangkan waktu bersama membacakan buku kepada ananda tercinta. Karena sebenarnya ada banyak sekali manfaat membaca bagi anak – anak. Terutama adalah anak – anak dalam masa golden age.
          Nah, adakah disini ayah dan bunda yang ingin menambahkan tips diatas? Yuk sharing bersama. Mudah – mudahan semakin banyak yang peduli tentang memilihkan buku untuk anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar